PENGUMUMAN

Coffee Morning                                          Adapun materi Coffee Morning tanggal 16 Agustus 2017 dapat didownload disini.

RUPTL 2017-2026                                   Keputusan Menteri ESDM tentang Pengesahan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Tahun 2017-2026, dapat diakses disini.

19 Juni 2017

MVPP Belawan Tambah Pasokan Listrik 240 MW untuk Sumbagut

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar hari ini (19/6) meninjau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Belawan untuk memastikan kesiapan pasokan listrik di Sumatera Utara menjelang Lebaran.

“Kita ingin melihat kesiapan PLN dalam menghadapi Lebaran tahun ini. Kita ingin lihat pelajaran apa yang bisa kita ambil pada tahun-tahun sebelumnya, yang mungkin tahun ini bisa kita antisipasi lebih awal,” tutur Arcandra. Untuk kunjungan Ramadan tahun ini, Arcandra sebelumnya juga melakukan kunjungan lapangan ke Balikpapan dan Riau untuk memantau kesiapan sektor ESDM di sana.

Dengan tambahan daya sebesar 240 MW dari MVPP ini, maka daya mampu Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjadi 2.287 MW dengan dengan perkiraan beban puncak tertinggi yang mencapai 2.075 MW. Artinya, saat ini Sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW (9%) atau cadangan meningkat sebesar 4% dengan adanya MVPP ini.

“Dengan adanya kapal ini (MVPP-red), maka pasokan listrik bertambah 240 MW dan kalau diperlukan bisa bertambah dua kali lipat,” Arcandra menjelaskan.

MVPP dari Turki ini merupakan salah satu solusi jangka pendek untuk mengatasi kurangnya pasokan listrik di Sumatera Utara. Ke depannya, Sistem Kelistrikan Sumbagut akan mendapat tambahan daya dari PLTP Sarulla Unit 2 sebesar 110 MW serta tambahan sebesar 200 MW dari Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) melalui jaringan transmisi 275 kV. Hingga tahun 2019, Sistem Kelistrikan Sumbagut diproyeksikan mendapat tambahan pasokan listrik sebesar 400 MW.

Selain dapat dipindahkan, MVPP yang disewa PLN selama lima tahun ke depan ini memiliki beberapa keunggulan lainnya. Di samping tidak membutuhkan lahan yang luas, MVPP ini juga memiliki dua fuel engine sehingga fleksibel dalam penggunaan energi primer. Konsumsi bahan bakar MVPP juga lebih hemat dengan tingkat produksi limbah relatif rendah. Selain itu pengaruh kebisingan MVPP terhadap masyarakat juga relatif lebih kecil. MVPP dari Turki ini disewa oleh PT PLN (Persero) dan telah tiba di dermaga PLTU Belawan tanggal 21 Mei 2017.

Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang juga hadir dalam kunjungan lapangan ini menyampaikan apresiasinya atas adanya MVPP Belawan. “Terimakasih pada Pemerintah karena memberikan support, terima kasih juga kepada PLN. Program-program seperti ini akan kita dukung ke depannya,” ujarnya.

Dalam kunjungan lapangan Wakil Menteri ESDM ke MVPP Belawan ini, turut hadir Dirjen Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng, Kepala BPH Migas, serta jajaran direksi PT PLN (Persero) dan direksi PT Pertamina (Persero).  Setelah mengunjungi MVPP Belawan, Arcandra dan rombongan juga memantau kesiapan pasokan BBM untuk wilayah Sumatera Utara di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBMM) Grup Medan. (AMH)

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan