PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

17 Juli 2018

Menteri ESDM Beri Pengarahan Untuk Ditjen Gatrik, Minerba, dan EBTKE

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Selasa (16/7/18) memberikan pengarahan kepada Pejabat Tinggi Madya, Pratama, dan Administrator di Lingkungan Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen EBTKE, dan Ditjen Minerba. Pengarahan dilakukan di Auditorium Samaun Samadikun, Ditjen Ketenagalistrikan. Khusus kepada Ditjen Ketenagalistrikan, Menteri mengapresiasi beberapa capaian yang telah dilakukan, sekaligus meminta Ditjen Gatrik meningkatkan kecepatan dalam pelayanan.

Sebelum memulai pengarahan, Menteri mengajak semua peserta menyaksikan video tentang peresmian PLTB Sidrap. Dalam arahannya, jonan mengingatkan Ditjen Gatrik dan Ditjen EBTKE agar pembangunan pembangkit listrik harus sesuai dengan potensi energi setempat. Tujuannya adalah terwujud efisiensi sehingga tarif listrik terjangkau oleh masyarakat. Dalam arahannya kepada Ditjen Minerba, Menteri mengapresiasi perubahan-perubahan yang telah dilakukan Ditjen Minerba. Menteri juga mengingatkan kepada para pejabat agar dalam membuat kebijakan Jangan memaksakan sesuatu atas dasar keinginan pribadi.

Menghadapi era komunikasi yang penuh dengan informasi simpang siur, sektor minerba, ketenagalistrikan, dan EBTKE diharapkan dapat mengubah kultur organisasi. Ia menceritakan bagimana kiprahnya dalam mengubah manajemen kereta api, khususnya kereta commuter line Jabodetabek yang perubahannya sangat drastis. Selain perubahan budaya kerja, faktor kepemimpinan menurutnya sangat mempengaruhi perubahan dalam organisasi.

Terakhir, Jonan mengajak para peserta pengarahan untuk menyimak beberapa quote seperti pernyataan Mahatma Gandhi: Jika anda ingin mengubah dunia, ubahlah diri anda sendiri. Selain itu, Jonan mengingatkan bahwa Pemimpin Sejati tidak menciptakan pengikut, namun menciptakan beberapa pemimpin baru. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan