PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

14 Juni 2018

Listrik Jakarta Aman Jelang Lebaran

Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM kembali meninjau kesiapan pasokan listrik menghadapi Hari Raya Idul Fitri, Rabu (13/6/2018). Kali ini DKI Jakarta menjadi tempat yang ditinjau setelah sebelumnya meninjau Makassar, Gresik, Gandul, Banjarmasin, dan Pekanbaru.

Dalam kunjungan ini Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Agoes Triboesono dan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Munir Ahmad meninjau PLTU/PLTGU Muara Karang di Jakarta Utara, dilanjutkan ke Area Pengaturan Distribusi (APD) Jakarta di Gambir, Jakarta Pusat. Mereka didampingi Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) Haryanto W S dan sejumlah pejabat dari Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero).

Dalam kunjungan ke PLTU/PLTGU Muara Karang, Agoes kembali mengingatkan arahan Menteri ESDM Ignasius Jonan terkait pengamanan dan keselamatan ketenagalistrikan di obyek-obyek vital. Agoes mengapresiasi pengamanan di PLTU/PLTGU yang berkapasitas terpasang total 1.614 MW dan dioperasikan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) ini. "Saya lihat pengamanan di muara karang ini sudah bagus, bahkan di safety induction sudah sangat lengkap, ada pengamanan jika ada ancaman bom," ujar Agoes. Ia berharap pengamanan yang baik ini dapat ditularkan ke unit-unit lain di luar PLN.

PLTU/PLTGU Muara Karang ini merupakan salah satu sumber pasokan tenaga listrik utama untuk Jakarta. Untuk itu Agoes berharap agar PLTU/PLTGU Muara Karang ini dapat siap sedia beroperasi dengan naiknya kebutuhan listrik setelah liburan usai.

Dalam kunjungan ke APD Jakarta, General Manager Distribusi Jakarta Raya PT PLN (Persero) M Ikhsan Asaad menyampaikan kesiapan PLN dalam menyiagakan 1.600 personel selama periode libur lebaran. Ia juga menyampaikan kesiapan pasokan listrik dalam menghadapi Asian Games yang akan berlangsung bulan Agustus mendatang.

Agoes mengapresiasi kinerja PLN Area Disjaya yang telah bekerja dengan baik menjelang hari raya ini. Menurutnya Area Disjaya merupakan wilayah dengan kompleksitas dan memiliki kesulitan yang tinggi. "Saya senang mendapat laporan PLN Disjaya terkait upaya pengamanan obyek-obyek vital seperti tempat ibadah dan rumah sakit selama periode lebaran," ujar Agoes. Terkait vanue asean games, Agoes berharap instalasinya memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan. "Tolong dikoordinasikan sertifikasi laik operasi instalasi venue Asian Games ini dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan," ungkap Agoes. Terakhir ia mengapresiasi peningkatan pelayanan yang diberikan PLN Disjaya dimana kualitas tenaga listrik di Jakarta Raya semakin membaik. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan