PENGUMUMAN

02 Juni 2017

Dirjen Ketenagalistrikan Ingatkan Semangat untuk Melayani Masyarakat

Dirjen Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng mengingatkan hakekat menjadi abdi negara, yaitu melayani masyarakat. Andy menyampaikan hal tersebut saat acara Tatap Muka dan Perkenalan Dirjen dengan pegawai Sekretariat Ditjen Ketenagalistrikan. “Sekretariat Ditjen ini kan lebih pada dukungan manajemen dan pelayanan. Kita harus bekerja lebih baik, melayani dengan baik. Jangan mempersulit orang. Kita bantu dengan ikhlas, layani dengan baik,” ujarnya.

Andy yang dilantik menjadi dirjen ketenagalistrikan pada April 2017 memulai perkenalannya dengan menceritakan latar belakang pendidikan dan sejarah karirnya. Andy menggantikan dirjen ketenagalistrikan sebelumnya, Jarman, yang memasuki masa purnatugas per 1 April 2017. Sebelum menjabat sebagai dirjen ketenagalistrikan, Andy adalah Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Andy juga pernah menjadi dosen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia dan pernah pula menjabat sebagai Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM. Andy sempat menyinggung bahwa sistem di Ditjen Ketenagalistrikan sudah well done, contohnya sistem persuratan yang sudah serba elektronik dengan aplikasi appsurat.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Ditjen Ketenagalistrikan Agoes Triboesono menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di Sekretariat Ditjen. “Pada prinsipnya kami adalah kesekretariatan. Lebih ke penunjang. Tapi kita juga sering berhubungan dengan orang luar, kadang jadi “palang pintu” sehingga informasi yang keluar tidak simpang siur,” Agoes menjelaskan. Selain itu, Agoes juga menyampaikan kekuatan pegawai di Sekretariat Ditjen Ketenagalistrikan yang berjumlah 103 orang.

Setelah itu, masing-masing Kepala Bagian memperkenalkan tupoksi di tempat masing-masing. Ada empat bagian di bawah Sekretariat Ditjen Ketenagalistrikan: yakni Bagian Rencana dan Laporan yang dipimpin Chrisnawan Anditya, Bagian Keuangan yang dipimpin Suyanto, Bagian Hukum yang dipimpin Winsisma Wansyah, dan Bagian Keuangan yang dipimpin Tanty Wijayani. Dalam penjelasan tersebut, dibicarakan pula pending matters (masalah yang tertunda) di tiap-tiap bagian. Acara ini ditutup dengan foto bersama.

Sebelumnya, Andy sudah melakukan perkenalan dengan para pegawai dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan dan Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan. Setelah berkenalan dengan tiga dari total empat unit eselon 2 di Ditjen Ketenagalistrikan tersebut, untuk selanjutnya perkenalan dengan pegawai dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan akan dijadwalkan kemudian. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan