PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

23 Mei 2017

Mengenal Tugas Fungsi Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng pada Senin (22/5) mengelar tatap muka dengan seluruh pejabat dan karyawan unit Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan (Ditpro). Selain untuk bersilaturahmi menjelang Bulan Suci ramadhan, acara ini juga bertujuan untuk saling menganal tugas pokok dan fungsi masing-masing Subdirektorat di Ditpro. Acara berlangsung sederhana dan santai ini dibuka dengan pemaparan Direktur Pembinaan Proram Ketenagalistrikan Alihuddin Sitompul mengenai sasaran Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan di tahun 2017 ini.

Menurut Alihuddin, Rasio Elektrifikasi tahun 2017 ditargetkan mencapai 92,75% dan rasio desa berlistrik sebesar 99%. Penambahan kapasitas pembangkit (sinkron dan COD) ditargetkan 2.693MW dan penambahan penyaluran tenaga listrik sebesar 15.377 Kms. “Konsumsi Listrik per Kapita ditargetkan mencapai 1.058 kWh/kapita,” ungkap Alihuddin.

Dalam paparannya Alihuddin menyampaikan bahwa tugas Ditpro adalah melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang pembinaan program ketenagalistrikan. Fungsi Ditpro adalah penyiapan perumusan kebijakan, penyiapan pelaksanaan kebijakan, serta penyiapan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, evaluasi di bidang penyiapan program ketenagalistrikan, investasi ketenagalistrikan, kerja sama ketenagalistrikan, data dan informasi ketenagalistrikan, serta pengembangan listrik perdesaan.

Ditpro terdiri dari empat Sub Direktorat (Subdit) yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Subdit yaitu Subdit Penyiapan Program Ketenagalistrikan yang dipimpin oleh Husni Safruddin, Subdit Investasi Ketenagalistrikan yang dipimpin Laode Sulaiman, Subdit Kerja Sama Ketenagalistrikan yang dipimpin oleh Afrizal, Subdit  Data dan Informasi Ketenagalistrikan yang dipimpin oleh Ainul Wafa, Serta Subdit Pengembangan Listrik Perdesaan yang dipimpin oleh Hanat Hamidi. Masing-masing kasubdit menyampaikan presentasi mengenai struktur organisasi, data pegawai, tugas dan fungsi, serta isu-isu strategis yang ditangani oleh masing-masing Subdit.

Andy Noorsaman Someng dalam sambutannya mengajak seluruh pegawai untuk bekerja dengan hati dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. “Saya dorong para pegawai untuk mengambil studi lanjut karena akan bermanfaat untuk diri sendiri dan institusi,” ungkap Andy. Dalam kesempatan itu Andy juga mengajak para pegawai untuk bekerja keras namun tetap meningkatkan komunikasi dengan keluarga masing-masing khususnya pada Bulan Ramadhan nanti.

Dalam kesempatan tersebut Andy memberikan Surat Keterangan kenaikan pangkat kepada lima pegawai dari Direktorat pembinaan Program Ketenagalistrikan. Acara dilanjutkan dengan berfoto bersama sebelum ditutup dengan ramah tamah. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan