PENGUMUMAN

23 Maret 2017

Kementerian ESDM Modernisasi Cara Berkomunikasi

Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar dan sejumlah pejabat di Kementerian ESDM meluncurkan tampilan baru website Kementerian ESDM yang beralamat di www.esdm.go.id. Selain itu ia juga meluncurkan kanal resmi media sosial dan email pegawai Kementerian ESDM. Dalam kesempatan tersebut Jonan mengatakan bahwa perubahan tampilan dan manajemen yang dibantu oleh tim IT dari PT. Kereta Api Indonesia dan Telkom Sigma ini merupakan langkah maju untuk memodernisasi cara berkomunikasi dengan masyarakat. "Saya apresiasi kegiatan hari ini. Ini wujud Kementerian ESDM telah memodernisasi cara berkomunikasi. Perintah Pak Presiden bahwa komunikasi sangat perlu. Apa yang kita kerjakan harus dikomunikasikan dengan baik", ungkap Jonan.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Sujatmiko melaporkan bahwa perubahan tampilan tersebut dikerjakan bersama tim dalam waktu dua bulan. Tampilan website www.esdm.go.id yang baru ini memiliki performasi lebih cepat 3,2 detik dari tampilan website sebelumnya. Tampilan yang ada pada website ini juga memudahkan pengguna untuk mencari informasi serta mudah diakses di perangkat mobile seperti handphone/smartphone dan tablet,” papar Sujatmiko. Website ini menurutnya juga telah melalui uji keamanan dan uji penetrasi untuk menjamin keandalan sistem dan ketersediaan data.

Beberapa fitur baru website www.esdm.go.id yang dapat diakses antara lain adanya gambar utama yang dinamis pada halaman beranda, fitur berita utama, berita sub sektoral, infografis dan videografis. Sujatmiko mengatakan bahwa semuanya tersaji dengan tata letak yang menggugah dan selalu diperbaharui. Akun email resmi @esdm.go.id juga diperbarui dan sudah disiapkan untuk 6.000 pegawai di semua unit Kementerian ESDM. Email resmi ini diwajibkan menjadi sarana komunikasi resmi terkait dengan arahan dan urusan pekerjaan di Kementerian ESDM.

Menteri ESDM juga mengapresiasi penambahan jumlah followers di akun media sosial. Namun ia merasa hal tersebut dapat lebih ditingkatkan. "Saya kira target media sosial Kementerian ESDM di Januari 2018 menjadi paling tidak 1 juta followers ya. Target kedua, di 2019 akun Media sosial harus lebih terkenal dan bisa lebih mengajak masyarakat,” ungkap Jonan. Ia berpendapat bahwa akun media sosial yang diikuti oleh jutaan followers lebih berpengaruh daripada mdia massa yang mungkin hanya dibaca ratusan ribu orang.

Masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi terkini di sektor ESDM dengan memfollow aku-akun resmi Kementerian ESDM. Akun facebook resmi adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Sedan untuk twitter adalah @KementerianESDM.  Akun instagram resmi adalah @kesdm dan akun youtube adalah: Kementerian ESDM. Silakan untuk like, follow atau subscribe akun-akun tersebut. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan