PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

23 Januari 2017

SLO Online Bagi Pengalaman Saat Ikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Inovasi dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yaitu Registrasi Sertifikasi Laik Operasi (SLO) Online yang menjadi Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2016, pada Jumat (20/1) berkesempatan berbagi pengalaman kepada calon peserta KIPP 2017. Kasubdit Tenaga Teknik Ketenagalistrikan Fery Triansyah yang tahun lalu menjadi ketua tim penulisan proposal SLO online membagikan pengalamannya dalam menulis dan mempresentasikan proposal. Acara persiapan KIPP ini diselenggarakan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana KESDM di Auditorium Badan Geologi dan diikuti oleh sepuluh calon peserta KIPP 2017 yang berasal dari pemenang 10 besar KESDM Innovation Award (KIA) 2016.

Sebelum presentasi, Fery memutar video singkat mengenai inovasi dari Registrasi SLO online. Video yang berdurasi tiga detik tersebut menurutnya harus memuat semua unsur yang ada dalam proposal, khususnya dari latar belakang, inovasi dan dampak. Ia juga mengingatkan bahwa keberlanjutan inovasi pelayanan publik juga penting dalam penilaian. “Yang harus diperhatikan adalah dalam menulis proposal harus jelas dan padat namun dapat menggambarkan inovasi yang telah dilakukan,” ucap Fery.

Registrasi Sertifikasi Laik Operasi (SLO) Online merupakan inovasi dalam memudahkan pelaksanaan fungsi pembinaan dan pengawasan kelaikan instalasi tenaga listrik.  Dengan SLO online, registrasi SLO untuk instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah yang awalnya diterbitkan dalam waktu tujuh hari dipercepat menjadi paling lambat 3 hari. Sebelumnya registrasi SLO dilakukan secara manual melalui persuratan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan SLO Online, proses pelayanan menjadi lebih cepat dan menghemat pemakaian kertas.

Dalam kompetisi inovasi pelayanan publik , salah satu aspek penting dalam penilian adalah pelayanan harus dapat diaplikasikan dan diintegrasikan. Fery menyampaikan bahwa inovasi SLO online ini menginspirasi dua pelayanan publik di Ditjen Ketenagalistrikan untuk diaplikasikan secara online. Dua pelayanan tersebut adalah Sistem Informasi Sertifikasi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SI SKTTK) dan Sistem Informasi Sertifikasi Badan Usaha (SBU) Sektor Ketenagalistrikan. Aplikasi SLO online juga telah diintegrasikan dengan layanan sambungan satu pintu instalasi listrik yang dilaksanakan oleh PLN.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana KESDM Bambang Utoro yang hadir dalam persiapan KIPP 2017 mengatakan bahwa peserta KIPP 2017 dapat menanyakan segala sesuatu kepada inovator-inovator yang telah masuk Top 99 tahun 2016 lalu. Ia juga berharap setiap unit selalu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memberikan pelayanan kepada publik sehingga pelayanan publik di Kementerian ESDM dapat terus ditingkatkan. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan