PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

30 November 2016

Ditjen Ketenagalistrikan Selenggarakan Forum Konsensus Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan 2016

Ditjen Ketenagalistrikan menyelenggarakan Forum Konsensus Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan 2016, Rabu ini (30/11), di kantor Ditjen Ketenagalistrikan.  Forum Konsensus yang dibuka oleh Dirjen Ketenagalistrikan Jarman ini diadakan sebagai pelaksanaan amanat Pasal 5 Permen ESDM Nomor 015 Tahun 2007. Permen ESDM tersebut menyatakan bahwa Konsep Standar Kompetensi yang disusun oleh Panitia Teknik serta tanggapan dan/atau masukan dari instansi dan masyarakat terkait dibahas dalam forum konsensus untuk mencapai konsensus menjadi rancangan standar kompetensi.

Ketua Pelaksana Ferry Triansyah dalam laporannya menyebutkan Konsep Rancangan Standar Kompetensi yang telah disusun oleh Panitia Teknik ada sebanyak 584 unit standar kompetensi, yang meliputi 4 bidang (Bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, Bidang Transmisi Tenaga Listrik, Bidang Distribusi Tenaga Listrik, dan Bidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik) dengan 9 subbidang.

Ferry menyampaikan, sebanyak 150 orang telah diundang sebagai peserta Forum Konsensus tahun ini. Peserta berasal dari instansi pemerintah terkait baik pusat maupun daerah dan para pemangku kepentingan yang berasal dari perusahaan di subsektor ketenagalistrikan, asosiasi profesi, perguruan tinggi, juga para pakar/ tenaga ahli di bidang standar kompetensi ketenagalistrikan.

“Pada tanggal 19 Oktober  2016, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan mengedarkan 584 unit Konsep Rancangan Standar Kompetensi kepada para stakeholder untuk mendapat tanggapan. Sampai saat ini sudah ada beberapa tanggapan yang kami terima dari beberapa instansi atau institusi,” ujar Ferry.

Selanjutnya, tanggapan atau masukan tersebut akan dibahas oleh peserta Forum Konsensus. “Sehingga diharapkan dapat dicapai konsensus menjadi rancangan standar kompetensi, sebagaimana diamanatkan dalam Permen ESDM Nomor 015 Tahun 2007,” pungkas Ferry.

Dalam Forum Konsensus ini dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerjasama Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Bidang Ketenagalistrikan bagi Peserta Pelatihan Kerja di Balai Pelatihan Kerja (BLK) antara Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Ditjen  Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Penandatanganan ini merupakan pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan