PENGUMUMAN

Keputusan Menteri ESDM Nomor 1772 k/20/MEM/2018 tentang Besaran Biaya Pokok Pembangkitan PT PLN (Persero) tahun 2017 dapat diunduh disini.

29 September 2016

PLTU Nasional Dibangun Di Luar Jawa dan Sumatera

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan program pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Nasional menyasar wilayah di luar Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pun kapasitas pembangkit program tersebut di bawah 100 mega watt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan PLTU Nasional yang dicanangkan PT PLN (persero) termasuk dalam program 35.000 mega watt (MW). "Sudah pasti masuk (35.000 MW). Pembangkit 100 MW ke bawah ini perlu dibangun untuk pulau di luar Jawa dan Sumatera," kata Jarman di sela acara pembukaan rangkaian Hari Kelistrikan Nasional yang digelar di Jakarta, Rabu (28/9) seperti diberitakan beritasatu.com.

Jarman menuturkan, program ini mayoritas menggunakan komponen dalam negeri seperti boiler, turbin, serta komponen lainnya. Dia enggan menyebut besaran persentase jumlah tingkat kandungan dalam negeri dalam proyek tersebut. Pasalnya, parameter tersebut berada di ranah Kementerian Perindustrian. "Sebanyak mungkin komponen diproduksi dalam negeri," ujarnya.

Berdasarkan data yang dimiliki PLN yang mengacu pada Kementerian Perindustrian terkait kemampuan pabrikan dan kontraktor dalam negeri, hampir seluruh komponen pembangkit tersebut dapat dibuat dalam negeri, hanya beberapa komponen yang masih harus diimpor yaitu generator dan turbin. Bila 50 persen dari pembangkit skala menengah dan kecil tersebut dibuat di dalam negeri, secara langsung akan menghidupkan lebih dari 14 perusahaan BUMN strategis yang sebelumnya memiliki utilitas rendah dan lebih dari 190 perusahaan swasta.

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan