PENGUMUMAN

Keputusan Menteri ESDM Nomor 1772 k/20/MEM/2018 tentang Besaran Biaya Pokok Pembangkitan PT PLN (Persero) tahun 2017 dapat diunduh disini.

28 Oktober 2016

Menteri Jonan Berkenalan dengan Pegawai Ditjen Ketenagalistrikan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan perkenalan sekaligus memberikan pengarahan pada pegawai Ditjen Ketenagalistrikan pagi ini (28/10). Acara yang bertempat di Auditorium Samaun Samadikun, Gedung Ditjen Ketenagalistrikan ini berlangsung selepas rapat pimpinan antara Menteri Jonan dengan Dirjen Ketenagalistrikan beserta jajaran eselon II dan III. Sebagaimana diketahui, Jonan baru dua minggu dilantik sebagai Menteri ESDM pada 14 Oktober 2016 yang lalu, menggantikan Arcandra Tahar yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM. Arcandra sempat pula hadir namun harus segera pergi karena ada meeting.

Jonan memulai pengarahannya dengan memberikan salam selamat pagi pada pegawai, yang membalas sapaannya dengan semangat. Jonan mengatakan sebelum ke Ditjen Ketenagalistrikan, dia sudah ke beberapa unit eselon I lainnya di Kementerian ESDM.

“Ini kalau saya lihat, wajahnya yang paling semangat,” ujar Jonan yang langsung disambut tepuk tangan oleh para pegawai. Jonan juga mengapresiasi lingkungan di Ditjen Ketenagalistrikan yang dianggapnya paling rapi.

Jonan senang banyak anak muda di Ditjen Ketenagalistrikan punya latar belakang pendidikan yang bagus. “Saya dengar generasi muda di sini sekolahnya bagus-bagus. Saya berterima kasih, karena di sektor publik, yang paling dikhawatirkan itu kalau generasi mudanya tidak mau bekerja di sektor publik, terutama yang tumbuh dan besar di kota-kota besar,” Jonan menyampaikan.

Ia kemudian mencontohkan generasi muda di negara-negara lain yang generasi mudanya tidak berminat untuk bekerja di sektor publik. “Ini sangat bahaya untuk negara besar,” ungkapnya.

Jonan juga memberikan saran pada pegawai Ditjen Ketenagalistrikan, “Kalau kita punya kesempatan, berkaryalah dengan sangat fokus, tanpa memperhatikan penghasilan besar atau kecil. Saya yakin karir kita pasti akan lebih baik.”

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Jonan mempersilahkan pegawai untuk bertanya. Riski Cahya dan Ilda Agnes – keduanya dari Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan – menggunakan kesempatan ini untuk bertanya pada Menteri Jonan. Riski menanyakan cara sinkronisasi antara Kementerian ESDM dengan Kementerian BUMN.

“Menurut saya harus dicocokkan, harus disinkronisasi supaya output ke masyarakat baik. Tidak ada masalah,” jawab Jonan.

Sementara itu, Ilda menanyakan concern Jonan terkait sektor ketenagalistrikan yang dijawab Jonan bahwa Program 35.000 MW merupakan salah satu fokus pemerintah yang harus dijalankan semaksimal mungkin.

Acara perkenalan sekaligus pengarahan dari Jonan berlangsung dengan suasana cair yang sesekali diselingi tawa dan tepuk tangan dari pegawai Ditjen Ketenagalistrikan. Pegawai bahkan tak sungkan untuk berfoto selfie dengan Jonan. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan