PENGUMUMAN

04 Oktober 2016

Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-71

Suara iringan lagu yang berasal dari marching band terdengar sejak pukul 7 pagi, Selasa (4/10) di lapangan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Para pengatur upacara juga terlihat merapikan barisan peserta upacara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-71. Tema rangkaian acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi tahun ini adalah "Dengan Semangat Hari Jadi Pertambangan dan Energi Kita Tingkatkan Kerja Nyata Melalui Inovasi".

Acara ini dilaksanakan dengan maksud mengajak semua pemangku kepentingan di sektor ESDM dan masyarakat untuk meningkatkan kerja nyata melalui terobosan inovasi. Sehingga setiap inovasi yang tercipta dapat memberikan memberikan kemudahan dan dampak yang positif bagi masyarakat.  Beberapa inovasi yang telah digagas Kementerian ESDM dan telah masuk dalam top inovasi pelayanan publik secara nasional di antaranya adalah Sertifikat Laik Operasi (SLO) Online dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, e-Lelang dari Direktorat Jenderal Minyak & Gas Bumi, dan Minerba One Map Indonesia (MOMI) dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara.

Rangkaian acara Hari Jadi Pertambangan dimulai dengan pelaksanaan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa unsur di lingkungan Kementerian ESDM, di antaranya adalah penganugerahan penghargaan energi tahun 2016, penyerahan SK kenaikan pangkat, penghargaan kompetisi innovation award, penghargaan lomba karya jurnalistrik, dan penyerahan SK agen perubahan.  

Upacara dipimpin oleh Plt. Menteri ESDM, Luhut Binsar Pandjaitan. “Saya yakin selama ini kita telah melakukan berbagai inovasi dan saya mengapresiasi hal tersebut. Inovasi tidak boleh berhenti, perlu terus dikembangkan untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan," ujar Luhut.

Luhut menyampaikan bahwa ia bangga melihat semua pihak Kementerian ESDM bekerja dengan cepat melakukan perubahan di berbagai bidang. Luhut juga berpesan agar Kementerian ESDM dapat membangun satu kerjasama tim yang baik dalam mempercepat semua prosedur yang ada sehingga bisa menghilangkan kendala-kendala yang menghambat proses pengambilan keputusan. "Saya juga melihat ada kemajuan dalam penyelsaian UU minerba, saya berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, dalam minggu-minggu depan Peraturan Pmerintah untuk itu sudah bisa kita tuntaskan." ungkap Luhut. Luhut meminta Kementerian ESDM mempermudah investor-investor untuk melakukan investasi di dalam negeri pada bidang pertambangan dan energi.

"Saya minta kepada semua jajaran di Kementerian ESDM untuk berkerja sama dalam tim untuk melayani untuk membuat yang terbaik untuk negeri ini," tutup Luhut sambil mengakhiri amanat sebagai pemimpin upacara.

Setelah acara upacara selesai, dilakukan pertunjukan marching band dari STEM Aka Migas. Pemutaran film sejarah pertambangan juga dilakukan sebelum mengakhiri rangkaian acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-71. Selain itu dilaksanakan juga aksi sosial donor darah dan pembagian paket sembako kepada pihak-pihak yang membutuhkan di lingkungan Kementerian ESDM. Semua peserta peringatan hari jadi pertambangan dan energi tampak antusias mengikuti rangkaian acara ini. (UH)

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan