PENGUMUMAN

01 Oktober 2016

Meriahnya Pameran Hari Listrik Nasional Ke-71

Peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-71 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2016 telah dimulai dengan rangkaian acara seminar dan pameran yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/9) hingga Jumat (30/9). Dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI M.Jusuf Kalla, seminar dan pameran berlangsung meriah hingga penutupan Jumat (30/9) sore. Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Munir Ahmad menutup secara resmi dengan membacakan sambutan dari Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jarman.

Dalam sambutannya, Dirjen Ketenagalistrikan mengharapkan pameran dan seminar ini memberikan manfaat yang besar bagi sektor ketenagalistrikan. Ia juga berharap, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) selaku pelaksana HLN dapat terus memberikan andil bagi terwujudnya program-program pemerintah di sektor ketenagalistrikan. “Pemerintah terus berharap MKI dapat terus memberikan sumbangan pemikiran yang signifikan bagi sektor ketenagalistrikan,” ungkap Munir membacakan sambutan Dirjen Ketenagalistrikan. MKI juga diharapkan menjadi mitra pemerintah yang terbuka dan terpercaya dalam mencari solusi permasalahan di sektor ketenagalistrikan khususnya mewujudkan energi yang ramah lingkungan dan efisien.

Ketua Panitia Seminar dan Pameran HLN ke-71, Noesita Indriani melaporkan bahwa peserta seminar dan pengunjung pameran tahun ini sangat antusias, terbukti dengan tercatatnya 1.300 pengunjung dalam tiga hari pelaksanaan acara. Noesita mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan pemerintah, khususya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang disebutnya sangat terasa. “Terima kasih kepada pemerintah yang turun langsung, dukungan dan terobosan di sektor ketenagalistrikan sangat terasa,” paparnya.

Ketua Umum MKI Supangkat Iwan Santoso juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada panitia dan pemerintah sehingga acara tahunan MKI ini dapat berjalan dengan lancar.  Tema yang diangkat dalam seminar dan pameran tahun ini yaitu ‘Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan, Kecukupan, Kompetitif, Berkelanjutan, dan Merata untuk Menuju Indonesia Terang’ diharapkan dapat dinyatakan dalam pekerjaan dan tugas sehari-hari. Iwan menyampaikan bahwa tahun depan pelaksanaan seminar dan pameran HLN ke-72 akan diadakan kembali di JCC tanggal 27 s.d. 29 September 2017.

Kemeriahan pameran HLN ke-71 tahun 2016 juga sangat terasa di stan Kementerian ESDM yang diikuti oleh empat unit Eselon I, yaitu Ditjen ketenagalistrikan, Ditjen EBTKE, Badan Litbang ESDM, serta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) KESDM. Dalam booth yang juga dikunjungi oleh Wapres Jusuf Kalla tersebut, pengunjung mendapatkan berbagai informasi terkait kebijakan dan aturan ketenagalistrikan baik dari program, pembinaan usaha, hingga keteknikan. Layanan informasi dan konsultasi online KIOSK Ditjen Ketenagalistrikan ditampilkan sebagai menu utama sehingga pengunjung langsung mendapat informasi terkait kemajuan 35.000 MW, persyaratan dan mekanisme investasi, serta berbagai inovasi dari Ditjen Ketenagalistrikan. Ditjen EBTKE, Badan Litbang dan BPSDM Kementerian ESDM juga menampilkan berbagai inovasi terkait sektor ketenagalistrikan di unit masing-masing. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan