PENGUMUMAN

27 September 2016

Peluncuran Buku “Keselamatan dan Pemasangan Instalasi Listrik Voltase Rendah untuk Rumah Tangga”

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan meluncurkan buku “Keselamatan dan Pemasangan Instalasi Listrik Voltase Rendah untuk Rumah Tangga” dalam acara coffee morning di Auditorium Samaun Samadikun, Gedung Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta (26/9). Buku ini merupakan pelengkap Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 (PUIL 2011) guna mempermudah pemahaman terhadap Standar Nasional Indonesian (SNI) PUIL 2011.

SNI PUIL 2011 merupakan standar wajib dalam mengatur pemasangan instalasi tenaga listrik tegangan rendah. Ini sesuai dengan Permen ESDM Nomor 36 Tahun 2014. Oleh sebab itu, SNI PUIL 2011 dijadikan acuan dalam perencanaan, pemasangan, dan pemeriksanaan instalasi listrik tegangan rendah.

“Buku ini untuk referensi yang akan dipakai untuk petugas; baik instalatir, pemeriksa dalam pelaksanaan pemanfaatan listrik maupun dalam pemasangan peralatan listrik,” ujar Dirjen Ketenagalistrikan Jarman.

Buku “Keselamatan dan Pemasangan Instalasi Listrik Voltase Rendah untuk Rumah Tangga” disusun oleh Ditjen Ketenagalistrikan dengan dukungan dari International Copper Association Southeast Asia (ICA SEA). Buku ini berisi penjelasan praktis dan rinci mengenai penerapan ketentuan PUIL yang memuat secara detail tata cara pemasangan instalasi listrik.

“Kami sampaikan apresiasi pada Tim Penyusun atas jerih-payahnya sehingga buku ini tersusun dan juga untuk ICA SEA atas partisipasinya yang berharga,” Jarman menyampaikan. Penyerahan simbolis buku tersebut dilakukan oleh Jarman kepada empat perwakilan peserta coffee morning. Penjelasan mengenai ikhtisar buku ini dipaparkan oleh Bartien Sayogo dari Himpunan Masyarakat PUIL.

Coffee morning merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Ditjen Ketenagalistrikan untuk menyampaikan informasi kepada stakeholder mengenai kebijakan dan regulasi terbaru di subsektor ketenagalistrikan. Selain meluncurkan buku, dalam coffee morning September ini juga ada penjelasan mengenai Aturan Jaringan Sistem Tenaga Listrik Kalimantan melalui Permen ESDM Nomor 18 Tahun 2016 oleh Kepala Divisi Perencanaan Regional Kalimantan PT PLN (persero) Sudibyo. Selain itu, ada pula pemaparan tentang kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan Indonesia oleh founder/chairman The Indonesian Institute of Energy Regulation (IIER) Luluk Sumiarso. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan