PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

21 September 2016

Laporan dari Myanmar: Pertemuan Bilateral Dirjen Ketenagalistrikan dengan Menteri Energi Tiongkok

Dirjen Ketenagalistrikan Jarman selaku ASEAN Senior Official on Energy (SOE) Leader Indonesia dalam  Pertemuan tingkat Menteri Energi ASEAN the 34th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM-34) & its Associated Meetings mewakili Plt. Menteri ESDM bertemu dengan Vice Administrator pada China's National Energy Administration Li Fanrong Rabu (21/9) di Nay Pyi Taw, Myanmar.  Jarman didampingi oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan dan Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Ditjen EBTKE.

Dalam pertemuan informal tersebut kedua pejabat membicarakan dan menyepakati perlunya dihidupkan kembali forum dialog pemerintahan dan swasta yaitu Indonesia – China Energy Forum (ICEF). Kedua pejabat juga menyepakati penyelenggaraan ICEF secara dua tahunan dan bergantian antara kedua negara.

Sebagai informasi, Indonesia China Energy Forum (ICEF) merupakan forum pertemuan Pemerintah dan Pengusaha dari kedua negara yang membahas aspek kebijakan, regulasi, ekonomi dan teknologi dalam rangka pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral. ICEF dibentuk pada tanggal 24 Maret 2002 di Beijing melalui penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Menteri Pertambangan dan Energi RI dengan Menteri Geologi dan Sumber Daya Mineral Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tentang arah kerjasama bilateral di masa mendatang.

Tujuan utama dibentuknya forum energi diantaranya adalah diskusi aktif dan saling bertukar pandangan kebijakan energi kedua negara, penjajakan cara dan langkah guna memperkokoh kerjasama antara kedua negara disektor energi agar dapat memberikan rekomendasi yang relevan bagi kedua negara. Selain itu forum ini bertujuan untuk mendukung dan mendorong perusahaan milik negara dan swasta kedua negara guna meningkatkan berbagai bentuk kerjasama disektor energi, saling bertukar informasi tentang kerjasama di sektor energi dan saling berkoordinasi dalam memecahkan masalah yang timbul dari kerjasama tersebut, meninjau kembali pelaksanaan kesepakatan yang sudah ada maupun yang akan datang, serta mengidentifikasi bidang kerjasama lainnya. Dalam forum ICEF terdapat 3 (tiga) Kelompok Kerja (Pokja) yaitu Migas, Listrik dan Batubara, serta Energi Baru.

ICEF Ke-1 berlangsung pada tanggal 25-27 September 2002 di Bali dan Jakarta serta dihadiri oleh Presiden RI dan Perdana Menteri RRT. ICEF Ke-2 berlangsung pada tanggal 27-29 Oktober 2006 di Shanghai RRT juga dihadiri oleh Presiden RI dan Wakil Perdana Menteri RRT, ICEF Ke-3 berlangsung pada tanggal 22 Desember 2008 di Jakarta dihadiri oleh Wakil Presiden RI dan Wakil Perdana Menteri RRT. Sedangkan ICEF Ke-4 berlangsung pada tanggal 19-20 Oktober 2010 di Nanning, RRT yang membahas hasil-hasil ICEF Ke-3 tahun 2008 di Jakarta dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI dan Wakil Perdana Menteri RRT. (RBS)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan