PENGUMUMAN

Materi Peluncuran Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Bidang Energi pada Sub Bidang Ketenagalistrikan dapat diunduh di sini: disini.

20 September 2016

Laporan dari Myanmar: Dirjen Ketenagalistrikan Ketua Delegasi Pertemuan Persiapan The 34th AMEM

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman selaku ASEAN Senior Official on Energy (SOE) Leader Indonesia memimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan Persiapan untuk Pertemuan tingkat Menteri Energi ASEAN the 34th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM-34) & its Associated Meetings yang berlangsung pada tanggal 19 – 20 September 2016 di Nay Pyi Taw, Myanmar. Dalam pertemuan tersebut Jarman didampingi oleh sejumlah pejabat dari Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen EBTKE, dan perwakilan PT. Pertamina. Pertemuan AMEM-34 and its Associated Meetings akan diselenggarakan  di tempat yang sama. Rangkaian pertemuan tersebut terdiri atas Pertemuan AMEM-34, Pertemuan 5th AMEM-IEA Dialogue, 10th EAS-EMM, 13th AMEM+3, dan Minister - CEO Dialogue.

Pertemuan yang berlangsung pada tanggal 19 – 20 September adalah pertemuan para ASEAN Senior Official on Energy (SOE) Leaders untuk mempersiapkan laporan dan bahan masukan yang akan dibahas pada pertemuan tingkat Menteri antar Menteri Energi ASEAN dan dengan mitra wicara.

Pertemuan ini membahas perkembangan kerjasama energi ASEAN tahun 2015-2016 dan rencana kegiatan 2016-2017 dari setiap program area, yaitu: (i) Clean Coal Technologies, (ii) Civilian Nuclear Energy, (iii) Regional Energy Policy and Planning, (iv) Renewable Energy, (v) Energy Efficiency and Conservation (vi) ASEAN Energy Regulators’ Network. Selanjutnya pertemuan menyepakati sejumlah poin rekomendasi yang akan dibawa pada Pertemuan AMEM-34 tanggal 21 - 23 September 2016.

Selain itu, para pejabat tinggi juga membahas konsep Joint Ministerial Statement (JMS) para Menteri Energi ASEAN untuk masing-masing Pertemuan ke-34 AMEM, Pertemuan ke-13 AMEM+3, Pertemuan ke-10 EAS-EMM dan Pertemuan ke-6 AMEM-IEA.  (RBS)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan