PENGUMUMAN

Paparan Rapat Koordinasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA dapat diunduh disini.

Statistik Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

Keputusan Menteri ESDM Nomor 143 K/20 / MEM/ 2019 Tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 – 2038 dapat diunduh disini.

 

 


 

30 September 2019

Hari Jadi ke-74 Pertambangan dan Energi, EBT Menjadi Kunci agar Lingkungan Tetap Berkelanjutan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menaruh perhatian pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) untuk menjaga lingkungan agar tetap sustainable (berkelanjutan). Jonan menyampaikan pentingnya EBT saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hari Jadi ke-74 Pertambangan dan Energi (HPE), Sabtu (28/9/2019), di halaman Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta.

"Pembangunan energi bersih yang berkelanjutan atau yang kita kenal dengan energi baru terbarukan (EBT) penting untuk dipikirkan," ujar Jonan. Menurutnya, Kementerian ESDM sebagai pembina sektor ESDM wajib melaksanakan pengembangan energi bersih, salah satunya untuk mengurangi efek pemanasan global.

Jonan mengatakan pemanfaatan EBT dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, serta mempertahankan bumi supaya tidak rusak untuk diwariskan kepada generasi penerus.

"Tujuan yang paling mulia adalah untuk mempertahankan bumi kita agar tetap sustainable untuk anak cucu kita, itu yang paling penting," Jonan menegaskan.

Selepas upacara, puncak peringatan HPE kemudian dilanjutkan dengan acara kebersamaan. Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengawalinya dengan melakukan prosesi pemotongan tumpeng.

Acara kebersamaan ini dimeriahkan oleh penampilan Patra Budaya PPSDM Migas dari Cepu. Dalam kegiatan ini, ada pula pemberian beasiswa Dana Pendidikan oleh Dharma Wanita Persatuan Kementerian ESDM kepada putra-putri pegawai ESDM.

Rangkaian peringatan HPE ini diawali pada 26 Agustus 2019 dengan menggelar Porseni sektor ESDM. Selain itu, HPE juga berisi kegiatan-kegiatan rutin tahunan seperti donor darah, ziarah tokoh ESDM, dan penganugerahan Subroto Awards. (AMH)

 

 

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan