PENGUMUMAN

Paparan Rapat Koordinasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA dapat diunduh disini.

Statistik Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

Keputusan Menteri ESDM Nomor 143 K/20 / MEM/ 2019 Tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 – 2038 dapat diunduh disini.

 

 


 

30 September 2019

Sembilan Pembangkit Listrik Raih Penghargaan Subroto Bidang Keselamatan Ketenagalistrikan

Sembilan pembangkit listrik meraih penghargaan subroto 2019 bidang keselamatan ketenagalistrikan. Pembangkit listrik yang memenangkan kompetisi ini telah dijaring dalam seleksi dimana terbukti menerapkan prinsip-prinsip keselamatan ketenagalistrikan. Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri Archandra Tahar memberikan penganugerahan penghargaan tersebut, Jumat (27/9) di Ballroom XXI Djakarta Theater. Penganugerahan penghargaan subroto merupakan rangkaian dari Hari Jadi ke-74 Pertambangan dan Energi yang jatuh setiap tanggal 28 September.

Sembilan instansi yang memperoleh penghargaan subroto bidang keselamatan ketenagalistrikan antara lain: PLTU Paiton 1&2, PLTGU Muara Tawar, PLTU Tarahan, PLTG Batanghari, PLTG Borang, PLTU Asam-Asam, PLTG Trisakti, PLTU Ropa, dan PLTG Tello. Menurut Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Wanhar, penghargaan keselamatan ketenagalistrikan merupakan bentuk keseriusan pemerintah yang memberikan perhatian besar pada aspek keselamatan ketenagalistrikan.

Wanhar mengungkapkan bahwa penilaian penghargaan keselamatan ketenagalistrikan dilakukan oleh Tim Ahli berdasarkan SK Dirjen Ketenagalistrikan. "Tahapan penilaian terdiri dari penyusunan database, pembentukan tim ahli penilai, penilaian berdasarkan kategori, verifikasi lapangan dan penentuan nominasi penerima penghargaan," ujarnya.

Menteri Jonan mengapresiasi pemenang penghargaan subroto tahun 2019 dan berharap prestasi ini ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. "Semoga tahun depan dapat dipertahankan dan semakin banyak lagi instansi yang terlibat,' kata Jonan. Ia juga mengapresiasi para sponsor yang telah mensukseskan perigatan Hari jadi Pertambangan dan Energi ke-74 ini. "Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Terima kasih atas para sponsor dan para stakeholder yang sudah dilakukan selama ini," tutur Jonan.

Dalam kesempatan tersebut Jonan juga mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan sektor ESDM yang mampu berkolaborasi bersama Pemerintah telah mempercepat tujuan pembangunan sektor ESDM melalui peningkatan rasio elektrifikasi. "Saya terima kasih sekali kepada stakeholder sektor ini menyumbang biaya untuk menyambung listrik yang gratis terkumpul sekitar 320 ribu sambungan" ungkap Jonan.

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para stakeholder yang memiliki prestasi dalam memajukan sektor ESDM. Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan penghargaan yang diambil dari nama Prof Subroto selaku Menteri Pertambangan dan Energi periode 1978-1988. (PSJ)

 

 

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan