PENGUMUMAN

Paparan Rapat Koordinasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA dapat diunduh disini.

Statistik Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

Keputusan Menteri ESDM Nomor 143 K/20 / MEM/ 2019 Tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 – 2038 dapat diunduh disini.

 

 


 

19 September 2019

Badan Usaha Berbagi, Warga Sumedang Nikmati Instalasi Listrik Gratis

Asep Rangga (37), warga Dusun Ciulur, Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang tak hentinya mengucap syukur dan terima kasih, ketika Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana datang ke rumahnya, Rabu (18/9). "Terima kasih kepada Pemerintah, PLN, dan PT Cikarang Listrindo, rumah saya sudah mendapat bantuan pemasangan listrik," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengrajin batu bata ini.

Selain Asep, Wahyudin (35) yang juga menerima bantuan tidak menyangka bahwa ia dan keluaga mendapatkan bantuan pemasangan listrik baru karena selama sebelas tahun menempati rumahnya, ia bersama istrik dan kedua anaknya hanya menikmati listrik dari menarik kabel dari rumah lain yang sudah terpasang listrik mandiri. Dengan adanya bantuan pemasangan listrik gratis ini, Wahyudin merasa lebih aman dan dapat bebas menggunakan listrik. "Selama ini menyambungkan ke rumah lain, kadang kabel rusak, setelah dipasang listrik ini saya merasa lebih aman," katanya.

Kehadiran Rida Mulyana dan Doni Ahmad Munir di rumah Asep dan Wahyudin untuk memastikan program bantuan instalasi listrik gratis dari kegiatan Corporate Social Responsibility PT Cikarang Listrindo berjalan dengan baik dan memberikan manfaat. "Kehadiran kami ini dalam rangka mewujudkan energi yang berkeadilan. Artinya energi listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk rumah tangga yang tidak mampu," ungkap Rida Mulyana.

Menurut Rida, sebanyak 2.012 rumah tangga tidak mampu di Kabupaten Sumedang kini telah mendapatkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 450 VA dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Cikarang Listrindo. Perusahaan pemilik izin wilayah usaha ketenagalistrikan ini telah berkomitmen membantu 3.000 rumah tangga tidak mampu di sumedang untuk dapat menikmati aliran listrik. Sisanya, sebanyak 988 rumah tangga tidak mampu di Sumedang sedang dalam tahap verifikasi dan akan menyala akhir September 2019 ini.

Direktur Komersial PT Cikarang Listrindo Matius Sugiaman menyampaikan bahwa perusahaannya merupakan satu dari berbagai perusahaan sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang tergerak untuk berpartisipasi dalam program BPBL inisiasi Kementerian ESDM. "Kami Cikarang Listrindo hanya ikut serta bagian kecil dalam program pemerintah, semoga bisa sedikit membantu," ujar Matius.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengapresiasi upaya pemerintah pusat dan badan usaha yang telah membantu warganya untuk mendapatkan sambungan listrik. "Terima kasih kepada semua pihak dalam program ini, semoga menjadi amal kebaikan," tuturnya. Dony mengutip ayat Kitab Suci, dimana barang siapa yang memberi penerangan sewaktu di dunia, ia akan mendapat penerangan di alam akhirat.

Sebagai informasi, PT Cikarang Listrindo telah mengalokasikan CSR untuk 11.529 rumah tangga dengan alokasi 3.515 rumah tangga di Bekasi, 3.000 rumah tangga di Sumedang, 2.000 rumah tangga di NTT, dan 3.014 rumah tangga di Cirebon dan Garut. Pemerintah berharap program BPBL melalui bantuan CSR PT Cikarang Listrindo dapat menjadi contoh bagi Badan Usaha lainnya untuk mengalokasikan dana CSRnya melistriki masyarakat tidak mampu sehingga semakin banyak masyarakat yang menikmati listrik dan rasio elektrifikasi meningkat.

Hingga saat ini rasio elektrifikasi Kabupaten Sumedang telah mencapai 99,9% namun masih terdapat 6.376 rumah tangga yang belum berlistrik. Dengan bantuan PT CIkarang Listrindo dan badan usaha lain, diharapkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Sumedang menjadi 100% di akhir tahun ini. (PSJ)

 

 

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan