PENGUMUMAN

Statistik Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

Keputusan Menteri ESDM Nomor 143 K/20 / MEM/ 2019 Tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 – 2038 dapat diunduh disini.

Penghargaan Subroto Keselamatan Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

 


 

27 Agustus 2019

Buka Porseni Sektor ESDM, Menteri Jonan: Yang Lebih Penting Kebersamaan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Sektor ESDM, Senin (26/8/2019) pagi, di Jakarta. Dalam sambutannya, Jonan menyampaikan pentingnya kerja sama dan kebersamaan. "Kalau bisa menang ya menang, tapi yang lebih penting itu adalah kebersamaan. Komunikasi, kebersamaan di antara kita, kerja sama yang baik, dan juga semangat untuk rasa persatuannya itu ada untuk sama-sama membangun negara ini," ujar Jonan.

Sepertiga luas lapangan Plaza Kementerian ESDM dipenuhi oleh 20 kontingen peserta Porseni yang berbaris sesuai dengan unit masing-masing. Dua orang paling depan dari tiap-tiap unit membawa bendera Merah-Putih dan papan nama yang menunjukkan asal unit. Warna-warni seragam peserta yang berbeda pada tiap unitnya kontras dengan lapangan yang didominasi hijau rumput.

Kontingen dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan kompak dengan jaket bernuansa biru navy dan kelabu dengan topi berwarna senada. Tulisan "Gatrik" -begitu biasa Ditjen Ketenagalistrikan disebut- tercetak pada sisi kiri jaket dan topi sebagai identitas. Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi dan Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu turut hadir untuk memberi semangat pada kontingen Ditjen Ketenagalistrikan.

Andi Kurniawan -salah satu peserta kontingen dari Ditjen Ketenagalistrikan- menyampaikan apresiasinya untuk acara Porseni ini. "Cukup menarik dan meriah. Dengan adanya Porseni ini, kita dapat meningkatkan semangat olahraga dan kesehatan kita tentunya," ujar Andi. Dia berharap pelaksanaan Porseni bisa terus ada pada tahun-tahun selanjutnya.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Rudolf Leonard yang akan bertanding pada cabang olah raga voli dan tenis lapangan. "Pembukaan (Porseni) meriah, diatur dengan profesional," kata Rudolf. Dia hampir setiap tahun mewakili Ditjen Ketenagalistrikan untuk ikut Porseni.

Porseni ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Hari Pertambangan dan Energi ke-74 yang diperingati setiap tanggal 28 September. Pembukaan Porseni diikuti kontingen dari seluruh unit eselon I di Kementerian ESDM, serta beberapa BUMN sektor ESDM seperti PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), PT PGN, dan PT Antam Tbk. Pembukaan Porseni ini dimeriahkan dengan penampilan wushu dan karate dan ditutup dengan parade kontingen peserta Porseni.(AMH)

 

 

 

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan