PENGUMUMAN

Penghargaan Subroto Keselamatan Ketenagalistrikan 2019 dapat diunduh disini.

 

RUPTL PT PLN (Persero) 2019 - 2028 dapat diunduh disini.

Paparan Diseminasi RUPTL PT PLN (Persero) 2019 - 2028 dapat diunduh disini.

Kepmen ESDM Nomor 55 K/20/MEM/2019 tentang Besaran Biaya Pokok Pembangkitan PT PLN (Persero) Tahun 2018 dapat diunduh disini.

 


19 Februari 2019

Indogas 2019, Penampilan Terakhir Andy Sommeng sebagai Dirjen Gatrik

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N. Sommeng menjadi salah satu pembicara pada The 9th Indogas 2019, International Indonesia Gas Conference & Exhibition yangdiselenggarakan di JCC Senayan Jakarta pada Selasa (19/2).

Andy tampak lebih bersemangat saat memberikan presentasinya pada acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa ini adalah saat terakhir ia menyampaikan paparan sebagai Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, karena setelah ini akan menjalankan tugas di tempat yang baru."Besok pagi Bapak Menteri ESDM akan melantik Direktur Jenderal Ketenagalistrikan yang baru," tuturnya.

Dalam penampilan terakhirnya sebagai Dirjen Ketenagalistrikan, Andy menyampaikan paparan mengenai LNG DOMESTIC: A GEOPOLITIC OBSERVATION. Paparan yang ia sampaikan adalah kebutuhan gas, khususnya sektor ketenagalistrikan. "Gas Bumi Indonesia adalah untuk bahan bakar pembangunan ekonomi nasional, bukan komoditi dagang sektoral untuk pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

"Saat ini installed capacity listrik untuk gas di Indonesia hanya 18,6 GW, kita berharap dengan rencana kebijakan energi kita, pemanfaatan LNG atau Gas di tahun 2025 itu mencapai 22%," ujar Andy. Ia lalu menceritakan pelaksanaan distribusi LNG di beberapa negara seperti Jepang, Cina, Singapura dan Australia. Selanjutnya ia menjelaskan paket insentif gas domestic. Ia juga menawarkan solusi untuk distribusi LNG di Indonesia, khususnya terkait pasokan LNG, sistem distribusi, sasaran konsumen, dan sistem harga. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan