PENGUMUMAN

15 Desember 2017

Inspektur Ketenagalistrikan dan KESCO Tinjau Instalasi Ketenagalistrikan di Area Publik

Keamanan instalasi listrik di area publik sangat penting untuk menghindari resiko yang bisa ditimbulkan, seperti sengatan listrik. Sebagai bagian dari workshop "Electrical and Gas Safety Management Workshop" antara Indonesia dan Korea Selatan yang dilangsungkan selama lima hari sejak Senin lalu, Ditjen Ketenagalistrikan mengadakan kunjungan lapangan untuk meninjau keamanan instalasi ketenagalistrikan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Kamis (14/12). Kegiatan ini dilakukan untuk sharing knowledge antara Ditjen Ketenagalistrikan dengan Korea Electrical Safety Cooperation (KESCO) terkait inspeksi instalasi ketenagalistrikan di area publik.

 

Ada beberapa hal yang ditinjau dalam kegiatan tersebut. "Jadi yang kita lihat tadi adalah panel board tegangan rendah. Kita cek jalur suplai listrik dari PLN ke lampu jalan, ke perkantorannya, ke peralatan yang ada di taman. Dilihat terkait grounding-nya, bagus tidak koneksinya," Ario Panggi selaku Koordinator Pejabat Inspektur Ketenagalistrikan (PIK) menjelaskan. Metode inspeksi di Indonesia dan Korea Selatan hampir sama, yakni inspeksi visual, uji fungsi peralatan, cek grounding, dan cek kualitas isolasi. Meskipun demikian, Ario melanjutkan, ada beberapa perbedaan antara sistem grounding di Indonesia dan Korea Selatan.

 

Dari RPTRA Kalijodo, kegiatan dilanjutkan ke Unit Pembangkitan (UP) Muara Karang untuk inspeksi terkait diagnosis suatu peralatan tenaga listrik. Ada dua proses yang dilakukan, yakni partial discharge dan power quality.

 

"Partial discharge untuk mengetes kualitas isolasi. Kalau partial discharge jelek, isolasi jelek jadi peralatan harus diganti sebelum terjadi gangguan nantinya. Jadi diagnosis ini dilakukan sebagai tindakan preventif. Power quality untuk mengetahui kualitas daya yang ditransfer dari sisi tegangan, frekuensi, dari sisi harmonizer dan lainnya," ungkap Ario.

 

Dalam pre-meeting sebelum kunjungan lapangan, Teddy Sutendi selaku Manajer Enjiniring & Quality Assurance PT PJB UP Muara Karang memaparkan proses kelistrikan di Indonesia mulai dari pembangkit, transmisi, hingga distribusi. Teddy juga memperkenalkan struktur organisasi PT PLN (Persero) dan kegiatan di UP Muara Karang. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan