PENGUMUMAN

23 Oktober 2017

Menteri ESDM Groundbreaking dan Resmikan Proyek-Proyek Kelistrikan di Nusa Tenggara

Menteri ESDM Ignasius Jonan melakukan groundbreaking PLTMG 350 MW tersebar di Nusa Tenggara dan meresmikan PLTU IPP Lombok Timur 2 x 25 MW yang dipusatkan di PLTMG Lombok Peaker, Ampenan Mataram, Jumat (20/10). Dalam peresmian tersebut Jonan didampingi Menteri BUMN Rini Sumarno, Dirjen Ketenagalistrikan Andy N Sommeng, Dirut PT PLN Sofyan Basir, Sekda Provinsi NTB Rosiady Husaenie Sayuti, dan Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi.

Beberapa pembangkit yang dilakukan groundbreaking antara lain: PLTU Lombok Peaker (150 MW), PLTMG Bima (50 MW), PLTMG Sumbawa (50 MW), MPP Flores (20 MW), PLTMG Maumere (40 MW) dan PLTMG Kupang Peaker (40 MW). Sementara pembangkit yang diresmikan adalah PLTU IPP yang diperasikan oleh konsorsium Lombok Energy Dinamic.

Menteri ESDM mengapresiasi pembangunan-pembangunan pembangkit yang akan membuat kondisi sistem kelistrikan di Nusa Tenggara lebih andal sekaligus meminta PLN lebih efisien agar tarif listrik yang dibayar masyarakat tidak naik. "Dengan beroperasinya seluruh proyek ini kebutuhan listrik di NTB dan NTT tidak akan kurang, total kapasitas 350 MW apabila pelanggan yang butuh listrik 900 VA per rumah tangga akan bisa mengaliri sekurangnya 350 sampai 400 ribu rumah tangga", ungkap Jonan.

Selanjutnya Jonan menambahkan agar PLN terus melakukan efisiensi dalam jual beli tenaga listrik agar tarif listrik yang dibayar oleh masyarakat tidak mahal. "Saya mohon kepada PLN untuk dapat memberikan contoh efisiensi terhadap investasi per MW sehingga tarif listrik tidak naik tapi turun", kata Jonan.

Menteri juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat yang telah memperlancar perizinan dan pembangunan pembangkit. "Saya juga sangat berterima kasih atas dukungan bapak Gubernur NTB dan NTT karena dukungan ini sangat penting untuk pengembangan listrik disini, PLTGU Lombok Peaker akan memakan waktu sampai 2019, lainnya akan selesai 2018", ujarnya.

Dalam acara ini juga dilakukan videoconference dengan Gubernur NTT dan beberapa Bupati tempat PLTMG tersebut dibangun. Beberapa kepala daerah mengapresiasi pembangunan pembangkit-pembangkit listrik yang akan dibangun di daerahnya dan mengharapkan kunjungan langsung Menteri ESDM ke daerah mereka. (PSJ)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan