PENGUMUMAN

28 September 2017

Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72, Semangat Bersatu Membangun Sektor ESDM Agar Ditingkatkan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72 di halaman Gedung Heritage, Kementerian ESDM hari ini, Kamis (28/9). Menteri ESDM Ignasius Jonan bertindak selaku pembina upacara dengan peserta upacara dari unit eselon I di bawah Kementerian ESDM. Upacara yang sedianya dilangsungkan pukul 07.30 ini mesti mundur menjadi pukul 09.00 karena terkenda hujan deras.

Sebelumnya Menteri Jonan menyampaikan sambutan dalam Puncak Pekan Pertambangan dan Energi ke-72 di Ruang Sarulla, Gedung Kementerian ESDM. Turut hadir dalam acara ini para mantan Menteri Pertambangan dan Energi/ESDM termasuk di antaranya adalah Subroto, Purnomo Yusgiantoro, Darwin Zahedy Saleh, dan Sudirman Said. Jonan mengutip pernyataan Profesor Subroto - mantan Menteri Pertambangan dan Energi pada 1978-1988 - yang menyampaikan bahwa penyelenggaraan ulang tahun Pertambangan dan Energi ini adalah yang terbesar.

"Sebenarnya acara ini bisa kecil, bisa besar. Namun mudah-mudahan kalau setiap tahun diadakan proporsional, semangat bersatu membangun sektor ini menjadi lebih baik," ujar Jonan. Didampingi Wamen ESDM Arcandara Tahar, Jonan lalu memotong tumpeng dan menyerahkannya pada pegawai termuda ESDM dan para senior pendahulunya di bidang pertambangan dan energi.

Dalam konferensi pers setelah upacara, Menteri Jonan menyampaikan capaian sektor ESDM hingga September 2017. Di subsektor ketenagalistrikan, rasio elektrifikasi di Indonesia per September 2017 sudah mencapai 93,08%. Angka ini sudah melebihi target di 2017 sebesar 92,75%.

Upacara pada pagi hari ini merupakan bagian dari Pekan Pertambangan dan Energi ke-72 yang pada tahun ini mengangkat tema "Energi Berkeadilan Untuk Kesejahteraan Rakyat". Rangkaian acara dalam Pekan Pertambangan dan Energi sudah dimulai dari pekan kedua bulan September 2017 hingga puncak perayaan dengan pada 30 September 2017.

Acara IndoEBTKE Conex 2017 menjadi acara publik pembuka Pekan Pertambangan dan Energi. Acara ini diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta, 13-15 September. Selanjutnya, ada kegiatan Temu Netizen ke-7 dan kegiatan eksplorasi Museum Geologi di malam hari yang diselenggarakan pada 22-23 September 2017.

Tidak berhenti disitu, kegiatan sosialisasi untuk masyarakat umum terus dilakukan melalui kegiatan "Pertambangan dan Energi Expo 2017". Berlokasi di Ballroom JW. Marriott Jakarta pada 26-27 September 2017, acara bertema "Energi Berkeadilan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Investasi Berkelanjutan" ini menghadirkan pembicara para ahli pertambangan dan energi di Indonesia. Sosialisasi sektor listrik juga menjadi rangkaian Pekan Pertambangan dan Energi melalui kegiatan Pameran dan Seminar Hari Listrik Nasional selama 28 - 30 September 2017.

Kemeriahan menyambut Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72 juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM pada 18 September 2017. Untuk mengenang jasa pahlawan yang memberikan andil besar di bidang pertambangan dan energi, Menteri Jonan bersama para keluarga Alm. Arie Lasut dan jajaran pejabat di lingkungan Kementerian ESDM melakukan ziarah ke makam Arie Frederik Lasut, Pahlawan Nasional yang merupakan Bapak Pertambangan Indonesia, di Yogyakarta pada 22 September 2017.

Sebagai penghargaan kepada stakeholders sektor energi, Pekan Pertambangan dan Energi juga menyelenggarakan Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto pada 27 September 2017. Puncak acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ditandai melalui penyelenggaraan upacara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-72 pada Kamis, 28 September di Kantor Kementerian ESDM yang dilanjutkan dengan pembagian santunan dan kegiatan kebersamaan. (AMH)

Pelayanan Ditjen Gatrik

 

Website Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan by Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan